http://jurnal.smansumsel.sch.id/index.php/pendar/issue/feedPENDAR: Jurnal Pengajaran dan Riset2022-12-31T00:00:00+07:00Novianti Islahiah, S.Pd., M.Ed (SMAN Sumatera Selatan)novianti@smansumsel.sch.idOpen Journal Systems<p><strong>PENDAR: Jurnal Pengajaran dan Riset</strong> ISSN 2776-1665 (Print); 2827-9727 (Online) is a journal that published by Senior High School of South Sumatera, Palembang every June and December. </p> <p>Journal Pendar strongly welcomes the contribution of Education, Science, and Social articles from scientists, professionals, researchers to be published and disseminated after through the mechanism of article selection, bestiary's review, and editing process. Our hope is that the articles published by the Pendar Journal can make a real and wide-impact contribution</p>http://jurnal.smansumsel.sch.id/index.php/pendar/article/view/31PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA2022-11-30T02:29:21+07:00Rani Nawang Sariraniradyta@gmail.comTri Riya Anggrainitri260211@gmail.com<p>Kimia sering kali menjadi salah satu pelajaran yang tidak disukai siswa. Hal ini juga terjadi di SMAN 2 OKU, khususnya kelas XI IPA 1. Salah satu penyebabnya adalah guru yang tidak mengakomodasi kebutuhan siswa. Kebutuhan akan media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Pembelajaran berdiferensiasi memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan gaya belajar yang beragam. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan diferensiasi konten dengan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa dan merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 2 OKU TP 2021-2022 berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan dan tes. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus karena indikator penelitian tercapai pada siklus ketiga. Hasil penelitian diolah dengan metode kualitatif, dan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus 1 peningkatan 12,3%, pada siklus 2 yaitu 15% dan siklus 3 sebesar 11%. Sehingga dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dengan multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa.</p>2022-12-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 PENDAR: Jurnal Pengajaran dan Risethttp://jurnal.smansumsel.sch.id/index.php/pendar/article/view/32ANALISIS PARO HIDUP LITERATUR DAN HUKUM ZIPF PADA JURNAL SIDDHAYATRA PERIODE 2015-20182022-11-30T02:43:35+07:00Dewi Krisnawati, S.IPkrisnawatidewi26@gmail.com<p>Seiring dengan berjalannya waktu, karya ilmiah memiliki tingkat pertumbuhan ilmu pengetahuan dan menyebabkan literature tersebut tidak digunakan kembali. Kajian bibliometrik merupakan metode yang digunakan untuk menganalisi literature ilmiah dengan metode matematika dan statistika. Jurnal Siddhayatra merupakan jurnal ilmiah dengan subjek arkeologi yang memiliki cakupan penelitian yang luas. Jurnal ini memiliki keteraturan dalam penerbitan sehingga tidak menutup kemungkinan perkembangan ilmunya juga akan berubah seiring dengan temuan-temuannya, begitupula dengan kegiatan sitir menyitir sebagai wujud komunikasi penulis kepada penulis yang lain dan penguat pendapat para penulis. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mengetahui bagaimana tingkat paro hidup dan pengujian hukum zipf pada Jurnal Siddhayatra periode 2015-2018. Metode penelitan yang penulis gunakan yaitu dengan menggunakan metode kuantitatif bibliometrik dengan analisis bibliometrik dengan menggunakan hukum zipf. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat paro hidup literature terlama yaitu 20 tahun pada dokumen Tipologi Instalasi Militer Jepang di Kota Palembang, Sumatera Selatan (2018) dan literature tercepat yaitu 5 tahun pada dokumen Batu Bergores (Batu Gong) di Tepi Sungai Mesumai, Jambi Kajian Awal Seni Cadas (2015). Dalam pengujian hukum zipf diketahui nilai titik transisi Goffman terkecil yaitu 7 dan titik transisi Goffman terbesar yaitu 15. sedangkan dalam pengujian hukum zipf diketahui nilai titik transisi Goffman terkecil yaitu 7 pada dokumen “Batu Bergores (Batu Gong) di Tepi Sungai Mesumai, Jambi Kajian Awal Seni Cadas” (2015) dengan hasil kata yang sering muncul yaitu: seni, cadas, batu, dinding, dokumen “Tulisan Arab: Pembina Tamadun Islam di Nusantara Tahun Terbit 2018” dengan hasil kata yang sering muncul yaitu: tulisan, Islam, Arab, tamadun, nusantara, varian, bahasa, dan dokumen. Dokumen “Banyu Biru: Jejak Sungai Lama di Lahan Basah” (2017) dengan hasil kata yang sering muncul yaitu: sungai, air, sugihan, penelitian dan arkeologi. Titik transisi Goffman terbesar yaitu 12 pada dokumen “Tipologi Lesung Batu di Situs Pulau Panggung dan Pajar Bulan, Kabupaten Lahat Sumatera Selatan” (2018) dengan hasil kata yang sering muncul yaitu: lesung, batu, tipologi, morfologi dan dokumen “Batu Bergores (Batu Gong) di Tepi Sungai Mesumai, Jambi Kajian Awal Seni Cadas” (2015) dengan hasil kata yang sering muncul yaitu: seni, cadas, batu, dinding.</p> <p> </p> <p> </p>2022-12-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 PENDAR: Jurnal Pengajaran dan Risethttp://jurnal.smansumsel.sch.id/index.php/pendar/article/view/34DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENGHASILAN MASYARAKAT DI SEKTOR PARIWISATA (KETEK) PULAU KEMARO PALEMBANG 2022-11-30T02:36:02+07:00Zaskia Sabrinazaskiasabrina45629@gmail.comNazua Aqilah Zaharahnazuaaqilah2005@gmail.comErpadellaherpadellah@smansumsel.sch.id<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi <em>Covid-19</em> yang mulai merebak di Indonesia pada awal tahun 2020 sehingga menyebabkan perubahan dalam segala aspek kehidupan di masyarakat, salah satu bidang yang terdampak yaitu bidang pariwisata. Selama ini, pariwisata telah menjadi sektor yang menjanjikan dan berperan penting untuk usaha peningkatan pendapatan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak pandemi <em>Covid-19</em> terhadap penghasilan masyarakat di sektor pariwisata (<em>Ketek</em>) Pulau Kemaro di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang dilakukan dengan wawancara langsung kepada masyarakat di berbagai titik di sekitar pesisir sungai Musi yang memiliki usaha transportasi <em>ketek</em>–perahu khas Palembang. Berdasarkan data yang didapat dari hasil wawancara, <em>Covid-19</em> telah menyebabkan penurunan pendapatan masyarakat di sektor pariwisata (<em>Ketek</em>) Pulau Kemaro. Misalnya di pangkalan Ketek 13 Ulu, terjadi penurunan sebesar 80% dari pendapatan biasanya. Sedangkan di pangkalan 10 Ulu, terjadi penurunan sebesar 20% dan untuk di pangkalan Benteng kuto Besak sebesar 50%. Perbedaan penurunan pendapatan ini dipengaruhi oleh letak tempat pangkalan, fasilitas area sekitarnya, dan promosi yang dilakukan pemerintah terhadap area tersebut. Akan tetapi, kondisi ini dapat diatasi dengan adanya bantuan dan partisipasi dari semua pihak terutama pemerintah untuk mempromosikan wisata (<em>ketek</em>) di kota Palembang, Sumatera selatan. Agar sektor pariwisata (ketek) dapat Kembali ramai seperti dulu.</p> <p> </p>2022-12-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 PENDAR: Jurnal Pengajaran dan Risethttp://jurnal.smansumsel.sch.id/index.php/pendar/article/view/37PENGGUNAAN MODUL BERBASIS PROYEK (MOBER PRO) DALAM MERDEKA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK 2022-12-30T02:41:15+07:00Novianti Islahiahnoviantiislahiah91@guru.sma.belajar.idRizalsirajuddinrizal@gmail.com<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi reaksi redoks pasca pandemi covid-19. Adaya prinsip merdeka belajar yang diterapkan di Indonesia, diyakini lebih mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik. Dengan menggunakan prinsip merdeka belajar, digunakan modul berbasis proyek (Mober Pro) pada materi reaksi redoks yang merupakan modul berisi daftar petunjuk praktikum yang telah dikembangkan pada penelitian sebelumnya. Subjek penelitian adalah 25 peserta didik kelas X di salah satu SMA di Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan <em>one group pretest posttest design. </em>Hasil penilaian dari observer menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan Mober Pro ini 100% menerapkan merdeka belajar, dengan diferensiasi produk dari pelaksaan pembelajaran yaitu 3 video; 10 poster; 2 laporan praktikum dan 1 artikel. Hasil penelitian lainnya adalah terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan n-gain 0,67 yaitu pada kategori sedang setelah menggunakan Mober Pro ini. Aspek kreativitas produk tertinggi ditunjukkan pada indikator <em>flexibility </em>dan <em>originality </em>yaitu sebanyak 94%.</p>2022-12-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 PENDAR: Jurnal Pengajaran dan Risethttp://jurnal.smansumsel.sch.id/index.php/pendar/article/view/33FILSAFAT DAN PENDIDIKAN2022-12-30T03:07:43+07:00Kurniatiniamazani73@gmail.comFebriana Candra RizkiCandra.hardjono1990@gmail.comDiska Anitaanitadiska@gmail.com<p>Filsafat adalah semua ilmu pengetahuan yang mengandung kebenaran. Filsafat merupakan dasar dari segala ilmu pengetahuan. Berfilsafat berarti mencari kebenaran dan kebijaksanaan. Pada dasarnya setiap manusia selalu berusaha untuk menemukan kebenaran dan kebijaksanaan dalam segala hal. Allah membedakan penciptaan manusia dari mahkluk lainnya yakni manusia diberi akal. Akal berfungsi untuk membedakan yang salah dan yang benar serta menganalisis segala sesuatu. Akal menjadikan manusia berpikir. Dalam proses berpikir, manusia selalu berusaha mencari kebenaran tentang suatu hal. Pada tahap awal proses berpikir, manusia menggunakan panca indra. Segala hal yang ditangkap oleh panca indra kemudian diolah dan diproses oleh akal untuk mencari dan menentukan kebenaran dan kebijaksanaan dalam suatu hal tersebut. Berfilsafat atau mencari kebenaran bertujuan untuk kehidupan yang bermartabat. Pendidikan dapat diartikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Filsafat merupakan landasan Pendidikan. Filsafat dan Pendidikan merupakan kesatuan kerangka berpikir dalam mencari kebenaran melalui proses pengajaran dan pembelajaran tentang suatu hal hingga ke akar- akarnya dengan tujuan kehidupan yang bermartabat. Filsafat dan Pendidikan tidak dapat dipisahkan dan akan terus berdampingan dalam kehidupan manusia.</p> <p> </p>2022-12-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 PENDAR: Jurnal Pengajaran dan Riset