PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI POKOK GELOMBANG MEKANIK

Main Article Content

INDAH PERMATA SARI
SUHADI
FAIZATUL MABRUROH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap keterampilan proses sains (KPS) pada materi pokok gelombang mekanik. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Palembang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IPA 5. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain rancangan model penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, lembar penilaian, dan tes. Instrumen yang digunakan pada pengumpulan data yaitu RPP dan LKPD yang diberikan kepada ahli media , ahli bahasa, dan responden bertujuan menguji kevalidan dari RPP dan LKPD. Hasil uji validasi yang telah di validator oleh para ahli menunjukkan bahwa  RPP dan LKPD berbasis Problem Solving Terhadap KPS layak digunakan dalam pembelajaran.Penelitian ini menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dan terakhir uji hipotesis.Hasil Uji normalitas dinyatakan berdistribusi normal, hasil uji homogenitas disimpulkan homogen, dan hasil uji hipotesis didapatkan >  2,4627<1,99 artinya diterima maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap keterampilan proses sains (KPS) pada materi pokok gelombang mekanik.Hal ini juga dibuktikan bahwa kelas eksperimen dengan menggunakan model problem solving menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan proses sains dibandingkan kelas kontrol, dengan hasil rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 57,09, dan kelas kontrol adalah 52,90, kemudian posttest didapatkan dari kelas eksperimen adalah 79,54  dan kelas kontrol didapatkan 68,75.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section

Articles