PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN PHET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
Main Article Content
Abstract
Pendidikan merupakan proses universal yang diwariskan antar generasi dengan tujuan membentuk individu yang aktif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Fisika, khususnya materi Gelombang, masih menghadapi kendala dalam pembelajaran akibat metode konvensional dan keterbatasan fasilitas laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model problem-based learning berbantuan PhET Interactive Simulation terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment dengan desain non-equivalent control group yang dilakukan di SMA Ethika Palembang pada semester genap 2024/2025. Sampel terdiri dari kelas XI1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu RPP, LKPD, lembar observasi dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji hipotesis dengan hasil thitung 2,46302 > ttabel 2,01537, sehingga Ha diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh signifikan model probem based learning berbantuan PhET terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Gelombang.
Downloads
Article Details
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.