Author Guidelines

Panduan untuk Penulis
Baca panduan berikut ini dengan saksama

Persyaratan Umum Penulisan

Syarat minimum dari Pendar: Jurnal Pengajaran dan Riset adalah

  • Naskah diketik dalam Bahasa Indonesia dengan Microsoft Word, Times New Roman, dengan ukuran 10 pts dan spasi 1. Naskah dituliskan dengan Jumlah halaman maksimal 10, termasuk abstrak dan daftar referensi.
  • Artikel harus memasukkan abstrak dalam bahasa Indonesia dan Inggris (100-250 kata) dan diikuti dengan penulisan kata kunci (3-5 kata)
  • Pastikan bahwa naskah anda dituliskan sesuai dengan template Pendar: Jurnal Pengajaran dan Riset yang terdapat pada menu manuscript template

Struktur Penulisan Naskah

Berikut ini merupakan panduan penulisan artikel Pendar: Jurnal Pengajaran dan Riset :

Naskah Pengalaman Praktik Pembelajaran Terbaik/ Penelitian Tindakan Kelas/ Penelitian Pengembangan/ Penelitian Eksperimen

Topik

1. Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran.

Pengalaman atau penelitian guru dalam mengimplementasikan upaya guru dalam mengembangkan pembelajaran atau Program Sekolah yang dapat menumbuhkan karakter siswa

2. Strategi pembelajaran berorientasi pada keterampilan abad 21 dan berpikir tingkat tinggi.

Pengalaman atau penelitian guru dalam mengembangkan dan mengimplementasikan pembelajaran berorientasi pada keterampilan abad 21 dan berpikir tingkat tinggi kepada siswa. (Misalnya: Inkuiri, STEM, Pembelajaran Ilmiah, dll)

3. Penilaian pembelajaran berorientasi pada keterampilan abad 21 dan berpikir tingkat tinggi. Pengalaman atau penelitian guru dalam mengembangkan atau mengimplementasikan instrumen penilaian pembelajaran berorientasi pada keterampilan abad 21 dan berpikir tingkat tinggi pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.

4. Upaya Peningkatan Kinerja Guru.

Pengalaman atau penelitian guru dalam mengembangkan dan mengimplementasikan peningkatan etos kerja guru.

5. Pengembangan Literasi dalam Pembelajaran.

Pengalaman atau penelitian guru mengimplementasikan pengembangan pembelajaran yang mendorong penguatan literasi oleh siswa.

6. Strategi Pembelajaran dalam jaringan (Daring).

Pengalaman atau penelitian guru mengimplementasikan upaya pembelajaran secara daring atau kombinasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (sikap, pengetahuan dan keterampilan).

7. Pengembangan media pembelajaran.

Pengalaman atau penelitian guru dalam mengembangkan atau mengimplementasikan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa (sikap, pengetahuan dan keterampilan).

8. Pengembangan lingkungan sebagai sumber belajar.

Pengalaman atau penelitian guru dalam mengembangkan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa (sikap, pengetahuan dan keterampilan).

9. Pengembangan pembelajaran melalui kegiatan ekstrakurikuler

Pengalaman atau penelitian guru dalam mengembangkan pembelajaran melalui kegiatan ekstrakurikuler.

10. Strategi pembelajaran daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T).

Pengalaman atau penelitian guru dalam melaksanakan pembelajaran di daerah 3 T untuk meningkatkan hasil belajar siswa (sikap, pengetahuan dan keterampilan)

11. Ataupun beberapa penelitian terkait baik itu penelitian bersifat eksperimental/ deskriptif