PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA
Kata Kunci:
Gaya Belajar, Hasil Belajar, Multimedia Interaktif, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstrak
Kimia sering kali menjadi salah satu pelajaran yang tidak disukai siswa. Hal ini juga terjadi di SMAN 2 OKU, khususnya kelas XI IPA 1. Salah satu penyebabnya adalah guru yang tidak mengakomodasi kebutuhan siswa. Kebutuhan akan media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Pembelajaran berdiferensiasi memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan gaya belajar yang beragam. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan diferensiasi konten dengan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa dan merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 2 OKU TP 2021-2022 berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan dan tes. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus karena indikator penelitian tercapai pada siklus ketiga. Hasil penelitian diolah dengan metode kualitatif, dan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus 1 peningkatan 12,3%, pada siklus 2 yaitu 15% dan siklus 3 sebesar 11%. Sehingga dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dengan multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 PENDAR: Jurnal Pengajaran dan Riset
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.