PENGGUNAAN MODUL BERBASIS PROYEK (MOBER PRO) DALAM MERDEKA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Kreativitas, Merdeka Belajar, Modul Berbasis ProyekAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi reaksi redoks pasca pandemi covid-19. Adaya prinsip merdeka belajar yang diterapkan di Indonesia, diyakini lebih mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik. Dengan menggunakan prinsip merdeka belajar, digunakan modul berbasis proyek (Mober Pro) pada materi reaksi redoks yang merupakan modul berisi daftar petunjuk praktikum yang telah dikembangkan pada penelitian sebelumnya. Subjek penelitian adalah 25 peserta didik kelas X di salah satu SMA di Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan one group pretest posttest design. Hasil penilaian dari observer menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan Mober Pro ini 100% menerapkan merdeka belajar, dengan diferensiasi produk dari pelaksaan pembelajaran yaitu 3 video; 10 poster; 2 laporan praktikum dan 1 artikel. Hasil penelitian lainnya adalah terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan n-gain 0,67 yaitu pada kategori sedang setelah menggunakan Mober Pro ini. Aspek kreativitas produk tertinggi ditunjukkan pada indikator flexibility dan originality yaitu sebanyak 94%.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 PENDAR: Jurnal Pengajaran dan Riset
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.