PENDEKATAN STEAM DALAM PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MEWUJUDKAN MERDEKA BELAJAR UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Rani Nawang Sari SMAN 2 OKU
  • Tri Riya Anggraini STKIP PGRI Bandar Lampung

Kata Kunci:

merdeka belajar, project based learning, STEAM

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia pada Kompetensi Dasar (KD) 3.3 dan KD 3.4 kelas XI semester 1 serta mewujudkan merdeka belajar pada siswa. Merupakan penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dimana seluruh populasi kelas menjadi sampel dengan jumlah siswa 32 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan STEAM dalam PjBL untuk mewujudkan merdeka belajar. Pendekatan STEAM dimana pada proyek yang dikerjakan siswa menggunakan pendekatan STEAM ( Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) pada metode Projek Based Learning (PjBL) dimana siswa bebas menentukan bentuk presentasi proyek yang dikerjakan. Proyek dapat berupa puisi, cerpen, poster, video paparan, dan lainnya, sesuai dengan minat bakat dan potensi yang dimiliki siswa. Hal ini sesuai dengan prinsip merdeka belajar yaitu siswa lahir dengan kosrat alam dan kodrat zamannya. Penelitian dilakukan dengan dua siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, okservasi dan refleksi. Setelah dilakukan perlakuan pada siklus pertama terjadi peningkatan 7% dari rata-rata nilai pretest 70 dan pada siklus kedua meningkat 20% dari nilai rata-rata siklus 1 yaitu 75 menjadi 90. Pendekatan STEAM dalam PjBL mempu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 dan mampu mewujudkan merdeka belajar pada siswa.

Diterbitkan

2021-12-31 — Diperbaharui pada 2021-12-31

Versi