PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID- 19 MENGGUNAKAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA KELAS XII MIPA 1 SMA NEGERI SUMATERA SELATAN
Kata Kunci:
Blended Learning, Flipped Classroom, Microsoft Teams, Hasil BelajarAbstrak
Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akibat pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia termasuk Kota Palembang memberikan pengaruh terhadap pencapaian belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar peserta didik selama pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik di masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan pendekatan Blended Learning model Flipped Classroom. Pendekatan ini menggabungkan kegiatan sinkronus dan asinkronus dalam pembelajaran. Peserta didik difasilitasi untuk dapat belajar dan berlatih terlebih dahulu secara mandiri melalui Learning Management System (LMS) Microsoft Teams kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sinkronus bersama guru untuk memantapkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA 1 SMA Negeri Sumatera Selatan yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus yang dilaksanakan pada bulan Oktober – November 2020. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Materi yang dipelajari selama penelitian yaitu Permutasi dan Kombinasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan Blended Learning model Flipped Classroom. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I meningkat menjadi 58,33% dari kondisi awal 16,7%. Kemudian pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar meningkat sebesar 33,34% yaitu menjadi 91,67%.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2022-06-30 (2)
- 2022-06-30 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 PENDAR: Jurnal Pengajaran dan Riset
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.