PEMBELAJARAN HOME REDOX REACTION UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19
Kata Kunci:
best practice, home redox reaction, kreativitasAbstrak
Penelitian ini merupakan pengalaman praktik baik (best practice) peneliti dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi covid-19 yaitu pembelajaran home redox reaction untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dengan teknik penelitian deskriptif. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling yaitu kelas X IPA 2 SMA Negeri Sumatera Selatan sebanyak 24 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes uji kreativitas yang berhubungan dengan praktikum home redox reaction dan angket yang mengukur empat indikator kreativitas yaitu fluency (berpikir lancar), flexibility (berpikir luwes), originality (berpikir original), dan elaboration (berpikir terperinci). Hasil penelitian untuk tiap indikator kreativitas tersebut adalah fluency 80%; flexibility 78%; originality 77%; dan elaboration 82%. Sementara berdasarkan angket kreativitas diperoleh data 71% peserta didik masuk kategori kreatif dan 29% sangat kreatif.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 PENDAR: Jurnal Pengajaran dan Riset
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.