PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI BERPIKIR KOMPUTASI BERBASIS ANDROID
Kata Kunci:
Pengembangan, Hand out, berpikir komputasi, algoritma, informatika, K-13Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Hand Out pada materi Berpikir Komputasi untuk pelajaran Informatika kurikulum 2013 (K-13) menggunakan Android yang valid, praktis dan efektif terhadap hasil belajar. Penelitian menggunakan model pengembangan Rowntree dan model evaluasi formatif Tessmer. Validitas Hand Out ini dinilai oleh dua orang pakar yakni ahli materi dan media serta ahli desain. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa berdasarkan aspek kebenaran materi, kejelasan, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan maka produk dikategorikan sangat baik dengan skor rata-rata 4,89 (skor maksimum 5). Hasil validasi media berdasarkan aspek tampilan, kesesuaian visual, kemudahan navigasi dan kejelasan teks dikategorikan sangat baik dengan skor rata-rata 4,82 (skor maksimum 5). Menurut ahli desain berdasarkan aspek kesesuaian pendekatan, uraian penyajian, efektifitas dan pencapaian kompetensi dikategorikan sangat baik dengan skor rata-rata 4,25 (skor maksimum 5). Secara keseluruhan produk dinilai sangat baik dengan skor rata-rata 4,65 (skor maksimum 5). Hasil observasi menunjukkan bila persentase efektifitas yang timbul pada peserta didik menunjukkan angka 92% dengan hasil postes didapatkan nilai rerata siswa sebesar 85,57 dengan kategori A (Best/Sangat Baik). Hand Out ini dapat diterapkan sebagai alternatif media pembelajaran dan sumber belajar untuk materi Berpikir Komputasi pada pelajaran Informatika Kurikulum 2013.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 PENDAR: Jurnal Pengajaran dan Riset
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.