PENGEMBANGAN PENILAIAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Winda Jayanti Mandasari Yayasan Pesantren Islam Al Azhar

Kata Kunci:

Berpikir Kritis, Penilaian , Pembelajaran Tematik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan penilaian berpikir kritis instrumen pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Development (Borg & Gall, 1983) untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Subjek uji coba lapangan dilaksanakan di empat kelas SD Al-Azhar Bandar Lampung. Jumlah subjek uji coba lapangan sebanyak 30 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian yang terdiri dari 10 item dengan indikator butir tes berpikir kritis (1) memberikan penjelasan sederhana, (2) membuat keterampilan dasar, (3) kesimpulan, (4) membuat penjelasan lebih lanjut, (5) strategi dan taktik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, semua instrumen valid secara teori dengan rerata skor ahli 90,14. Hal ini termasuk dalam kategori sangat baik dan layak secara empiris. Sebanyak 10 pertanyaan valid dan konsisten secara internal dengan tingkat kesulitan sedang, diskriminasi baik, dan gangguan baik.

Keywords: critical thinking, assessment, thematic learning

Diterbitkan

2022-06-30 — Diperbaharui pada 2022-06-30

Versi